APA YANG TERJADI HARI INI...?

Radio Online

KABAR TEKNOLOGI TERAKHIR

Cara Membuat Stop Motion Movie


Ini sebenernya aga menyimpang dari Photoshop, tapi gak-apa-apa lah.. hanya sekedar pengetahuan aja..


Stop motion movie adalah Film yang dibuat dengan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan satu sama lain nya.. saya sudah kasih contoh Stop motion movie di postingan saya sebelumnya. Memang hasilnya gak gitu bagus.. frame nya masih goyang-goyang.. karena pake alat seadanya aja.. itu juga dibantuin sama anak saya buatnya.. hehe.. yang blom tau video nya saya kasih lagi deh..



Film diatas dibuat dengan potongan-potongan gambar yang nanti akan saya kasih..

Untuk membuatnya dibutuhkan alat-alat :



  • Kamera

    Kamera saku gak apa-apa.. yang saya pake untuk membuat film diatas pake kamera saku kok.. Kamera SLR lebih bagus lagi.. tapi jangan maksain.. kecuali emang niat untuk bikin film. hehehe..

  • Tripod

    Ini fungsinya untuk menyangga aja biar kamera nya diem dan tetap di posisi bidik. Saya gak pake Tripod.. tapi pake manual yaitu kardus bekas sepatu.. hehehe.. jadi hasinya masih agak goyang-goyang.. Inti nya.. yang penting kamera tetap posisi bidik nya.

  • Objek

    Saya gunakan mobil-mobilan TRANSFORMERS punya anak saya.. itu juga gak gitu bagus.. jadi keliatan masih kaku proses transform menjadi robotnya. . kalo ada modal sih enaknya beli mainan transformer yang bagus sekalian biar gerakannya bisa alami.

  • Komputer

    Ini harus! karena kita perlu mengolah foto-foto nya menjadi film. Lagi-lagi Saya gunakan software seadanya yang ada di komputer yaitu Windows Movie Maker ( hanya ada di windows XP Ke atas ).. Sebenernya banyak sekali software pengolah film yang bagus-bagus.. tapi untuk ini saya cukup butuh si windows Movie Maker aja.. Pake Photoshop bisa juga dengan system Layer seperti yang saya sudah posting disini.. tapi itu butuh Layer yang banyak.. jadi lebih baik jangan pake photoshop..

  • CD/DVD Burning Software

    Software untuk burning ke CD / DVD supaya bisa diliat di TV pake DVD player atau CD player. Saya pake NERO EXPRESS..


Sekarang kita menuju cara pembuatannya.. Start Action


Pasang Kamera trus foto mobil pada posisi awal, gerakan mobil perlahan dengan mengikuti alur cerita .. trus foto lagi.. gerakan lagi.. foto lagi.. gitu aja seterusnya sampe kita dapat banyak posisi mobil dan beberapa angle. Saya kasih semua gambar untuk pembuatan film ”Transformers” mainan diatas. jadi gak usah motret lagi.. dan supaya ngerti yang saya maksud.


Gambar-gambar nya download disini


Gambarnya :



Kalo udah dapet semua gambar.. sekarang kita edit pake Windows Movie maker..


Buka Windows movie maker yang letaknya di START > Programs > di windows XP atau VIsta.


Import seluruh gambar di windows movie maker


animationss


Select semua files foto yang udah disiapkan..



Klik OK.


Klik Tool > Option di windows movie maker.. Klik Advanced .. ubah Picture duration menjadi yang angka terkecil.. ini tujuannya biar nanti gak ada Jeda.



Sekarang Drag Semua Gambar di jendela movie maker ke video Time Line Bar.. Pake Story board juga gak apa-apa..



Secara otomatis gambar udah terbentuk sendiri berdasar urutan file di Timeline Bar.



Sekarang coba di Play.. Kalo mau tambah musik.. Import dulu musiknya ke windows movoe maker. trus drag ke bagian musik bar di bawah timeline. atur deh panjang pendek nya musik..


Kalo dirasa udah beres semua.. Save.. ke WMV.


Klik FIle > Save Movie Files (Untuk XP )atau Klik FIle > Publish Movie ( Untuk Vista)



Selesai deh.. kalo mau upload di youtube juga bisa pake format WMV..


Sekarang Langkah-langkah Burning..


Saya pake NERO Express burning nya .. dan banyak kok software Nero yang trial .. atau download Nero Express disini


Kalo udah punya .. Buka Nero Express


Start > Programs > Nero > Nero 9 > Nero Express


Klik Video CD untuk membuat VCD atau DVD video files untuk membuat DVD…


nero


Klik Add File.. Pilih video yang kita udah buat tadi..


nero2


Tampilan NEro setelah di Add file


nero21


Klik NEXT…


nero3


Klik Burn untuk Mulai CD burning.. Jangan lupa masukin CD kosong nya dulu .. :D


Kalo udah beres.. silahkan Nonton di TV pake VCD.


Selamat Mencoba… Tetep Kreatif, tetep belajar dan Stop Dreaming Start Action !







Artikel Cara Membuat Stop Motion Movie ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang, untuk mengetahui lebih jauh tentang Pandeglang sebagai Objek Wisata yang patut diperhitungkan karena keindahannya.

Penulis : eko supriyanto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh eko supriyanto pada hari Sabtu, 28 November 2009. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 

0 komentar:

Posting Komentar